Sabtu, 23 April 2011

Bingung Pilih Jurusan Kuliah Setelah SMA?

Pertanyaan di atas pasti deh jadi pertanyaan dilema bagi anak2 SMA kelas 3 yang bentar lagi masuk kuliah...Aku juga dulu bingung banget pilih jurusan apa, tapi karena aku senang banget ma hewan terutama anjing..aq masuk jurusan kedokteran hewan..eitss, pasti pada ragu ya? Padahal jadi dokter hewan banyak banget lo prospek dan kesempatan kerja, secara lulusan dokter hewan masih sedikit banget di Indonesia! Jadi ga perlu takut kalo ga dapat kerjaan karena perusahaan-perusahaan yang bakal ngejar2 kamu!
So, lapangan kerja nya apa aja ni?
1. Kamu bisa buka praktek dokter hewan, di kota-kota besar banyak banget pecinta anjing dan kucing..yang pasti ga bakal mau anjing atau kucing kesayanganya sakit dan pasti bakal cariin dokter hewan...
2. Kamu bisa kerja di perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan produk-produk hasil hewan, selain menangani kesehatan hewan..kita calon dokter hewan juga diajarkan menangani produk-produk hasil hewan..jadi kamu berepeluang banget kerja di perusahaan susu, perusahaan vaksin dsb.
3. Buat kamu yang suka satwa liar, kamu bisa kerja di kebun binatang, sea world atau bahkan jadi peneliti..secara di Indonesia masih banyak banget satwa liar yang belum diteliti :)
4. Buka peternakan ayam atau ternak, kita dokter hewan yang sudah mengerti akan kesehatan hewan pasti lebih mudah untuk mengelola peternakan..
5. Jadi dosen, mendidik calon dokter hewan..

Dimana ada Fakultas Kedokteran Hewan?
Di Indonesia,sepengatahuan aq baru ada 5 fakultas kedokteran hewan:
1. FKH Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta)
2. FKH IPB (Bogor),
3. FKH Universitas Airlangga (Surabaya),
4. FKH Unud (Bali)
5. FKH Unsyiah (Aceh)

Aq sendiri memilih FKH UGM, karena dari awal pengen masuk UGM..

Sedikit perkenalan sebelum kalian disini, cek deh foto2 kampus FKH UGM..

(Gambar dari Google Earth, diupload oleh Salfa)




Selain itu, qmu bisa ketemu banyak hewan-hewan lucu!


Saya tunggu kedatangan kalian di FKH UGM Yogyakarta!
Apapun pilihanmu, percayalah bahwa rencana Tuhan tidak seperti berjalan di seutas tali..yang bila bergeser sedikit ke kanan atau ke kiri kamu akan jatuh..tetapi rencana Tuhan lebih luas dari itu. Tuhan menyediakan banyak buah di Taman Eden, hanya 1 yang tidak boleh dipilih yaitu buah pengetahuan..begitu pula Tuhan memberikanmu kehendak bebas untuk memilih, asal jangan memilih dosa..Apapun yang kamu pilih, jalanilah dengan sepenuh hati dan tetap mengandalkan Tuhan maka masa depan gemilang akan menantimu! Selamat memilih! :)

11 komentar:

  1. saya jg mau masuk FKH, tp saat ini masih kelas 2 SMA.
    doakan saya sukses yaa. terima kasih. :)

    BalasHapus
  2. Asyiik...ditunggu loh di FKH UGM :)
    Amin...aq doakan sukses selalu..semangat! :D

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Saya pecinta binatang, tapi saya masih sedikit ragu dgn prospek kerja kedepannya. Kalo buat taun 2013 apa masih banyak lapangan kerja untuk lulusan FKH?

    BalasHapus
  5. @tagitaaaaaa : tentu masih banyak sis lapangan kerja nya..soalnya lulusan kedokteran hewan itu bisa bekerja di semua bidang yang berkaitan dengan hewan dan produk2 hewan sperti pabrik vaksin,susu,keju,daging olahan, sosis, nugget dll juga :) Lapangan kerja buat lulusan kedokteran hewan masih luas banget bahkan banyak yg cari2 lulusan KH soalnya fakultas KH aja cuma ada 5 jadi lulusannya masih terbatas...:)

    BalasHapus
  6. mesih banyak lagi lapangan krjanya seperti di Karantina Hewan,dinas peternakan,RSH,BKSDA,perawatan Kuda,dan Harder TNI-Polri,dsb..rata" indonesia membutuhkan hampir ratusan drh per tahun tapi mesih belum cukup juga gajinya pun rumayan tinggi bagi seorang drh hehehe...

    BalasHapus
  7. @trafii : dokter hewan juga ya kak? :D

    BalasHapus
  8. maaf kak mu tanya nih, kira-kira kalo penge jadi DRH, apa kita harus ngambil dulu D1 dan D3 dulu gak ?

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. kak saya mau tanya, saya tertarik ngambil jurusan dokter hewan, tapi saya takut gak lolos masuk di ugm, apa persaingannya ketat kak?
    trus nilai minimal harus berapa ya kak?

    BalasHapus
  11. Hai kak, boleh minta alamat email? Mau tanya tanya soal kedokteran hewan. Makasii :)

    BalasHapus